Page language

Sabtu, 07 April 2012

Jenis_jenis Jaringan

Menebtukan Jenis-Jenis Keamanan Jaringan
            Dalam jaringan computer , ksususnya yang berkaitan dengan aplikasi yang melibatkan berbagai kepentingan , kan terjadi halnya dapat mengganggu kestabilan koneksi  jaringan computer  terssebut , baik ayng berkaitan dengan hardwere (pengaman fisik , sumber daya listrik) meupun yang berkaitan dengan softwere (system,konfigurasi,system akses, dll).
            Gangguan pada system dapt terjadi karena factor ketik sengajaan yang di lakukan oleh pengelola (human error) , akan tetapi tidak sedikit pula yang di sebabkan oleh pihak ketiga.
            Ganngguan dapt berupa perusak , penyusup , pencurian hak akses, penyalah gunaan data maupun system, sampai tindakan criminal melalui aplikasi jaringan computer.
            Dalam interworking beberapa jenis gangguan di kenal dengan istilah :
1.      Hacking, berupa pengrusakan pada infresetruktur jaringan yang sudah ada, misalnya pengerusakan pada system atau suatu server.
2.      Physing, berupa pemlasuan terhadap data resmi  yang di lakukan untuk hal yang berkaitan dengan pemanfaatannya.
3.      Dafece, perubahan terhadap tampilan suatu web secara illegal.
4.      Carding, pencurian data terhadap identitas perbankan seseorang, misalnya pencurian nomor kartu kredit , digunakan untuk memanfaatkan saldo yang terdapat pada rekening tersebut untuk keperluan belanja online.
5.      Dan masih banyak lagi istilah yang lainnya.

Dalam melakukan persiapan fungsi hendaknya di sisipkan pengaman dalam bentuk berikut :
1.      Mengelompokkan terminal yang di fungsikan sebagai pengendali jaringan atau titik pusat akses (server) pada suatu jaringan , yang selanjutnyaharus di beri pengaman secara khusus.
2.      Menyediakan pengaman secara fisik berupa ruang khusus pada pengaman perangkat yang disebut pada nomor 1. Ruangg tersebut dapat di beri label Network Operating Center (NOC) dengan membatasi personil yang di perbolehkan masuk.
3.      Memisahkan sumber daya listrik untuk NOC dari pemakaian yang lain . Perlu juga di fungsikan Uniteruptable Power Suplly (UPS) dan Stabilizer untuk mejaga kesetabilan supply listrik yang di perlukan perangkat pada NOC. 
4.      Merapikan wiring ruang dan memberikan label srta mengklasifikasikan kabel. Memberikan Soft Security berupa Sistem Firewall pada perangkat yang di fungsikan di jaringan . Menyimpan maintenance dan me nyiapkan back up system.

0 komentar:

Posting Komentar

language

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified